Senin, 24 Oktober 2011

MATA BAYI DAN PERMASALAHANNYA


MATA BAYI DAN PERMASALAHANNYA




Mata adalah salah satu organ tubuh yang paling vital. Bila gangguan ini muncul pada bayi, dapatkah kita mendeteksinya sedini mungkin?

Penelitian terbaru dari Singapore Eye Research Institute yang dipimpin Dr. Saw Seang Mei dengan melibatkan 797 anak menghasilkan kesimpulan bahwa anak-anak yang mendapat ASI akan berkurang risikonya terkena rabun dekat hingga 50%. Karena dalam ASI terkandung docosahexaenoi acid sebagai unsur utama yang mendorong pertumbuhan bola mata sehingga membantu per-kembangan kemampuan visual bayi.

Berita ini tentu menggembirakan ibu-ibu yang memberikan ASI pada bayinya meski bukan berarti bayi pasti terbebas sama sekali dari gangguan mata. Yang perlu disadari, gangguan mata pada bayi relatif sulit terdeteksi. Selain karena belum bisa berkomunikasi, perkembangan visualnya pun berjalan setahap demi setahap. Dimulai hanya melihat terang-gelap, lalu warna, objek, kemudian barulah terbentuk sistem yang menghubungkan mata dengan otaknya secara sempurna.

Meskipun upaya untuk mengenali gangguan mata pada bayi tidak mudah, dr. Ari Djatikusumo, Sp.M. dari Klinik Mata Nusantara, Jakarta menjelaskan, beberapa hal mendasar ini dapat dijadikan patokan.

DETEKSI DINI

· Mencari gejala nystagmus

Normalnya, bagian hitam mata bayi (pupil) akan mengikuti gerak benda yang diperlihatkan padanya, namun tidak demikian dengan bayi-bayi yang mengalami gangguan nystagmus. Dengan kata lain matanya tidak dapat berfiksasi. Selain itu pupil terlihat "bergoyang-goyang" karena tidak fokus.

· Menyorotkan cahaya

Langkah berikutnya adalah coba sorotkan lampu senter ke arah matanya, adakah respons yang ditimbulkan. Bayi-bayi normal pasti akan silau oleh cahaya terang, namun tidak demikian dengan bayi yang mengalami gangguan mata.

· Lakukan pengamatan

Amati apakah ada deviasi atau penyimpangan pada mata bayi. Tuhan menciptakan 2 buah mata supaya manusia bisa melihat secara binocular single vision atau melihat objek di depan mata secara tunggal. Bila salah satu mata mengalami gangguan, maka mata tersebut akan "dikalahkan". Dengan kata lain hanya organ yang sempurna saja yang digunakan. Akibatnya, salah satu mata yang tidak difungsikan ini akan bekerja tanpa kontrol.

Jika pada bayi terdapat salah satu atau lebih gejala tadi, segera konsultasikan kondisi matanya pada dokter spesialis mata.

FAKTOR PENYEBAB

Secara umum gangguan mata pada bayi disebabkan oleh 3 hal, yaitu:

1. Infeksi

Gangguan mata yang disebabkan infeksi bisa terlihat dari tanda-tanda berupa mata merah, berair, dan ada kotoran di sudut-sudut mata atau belek.

2. Kelainan kongenital

Kelainan kongenital relatif mudah terlihat, karena umumnya menyebabkan kelainan pembentukan organ. Secara fisik mata bayi terlihat "tidak semestinya", misalnya kecil sebelah. Atau matanya terlihat lebih besar dari ukuran yang seharusnya sehingga tidak proporsional dan sebagainya.

3. Tumor

Bila gangguan tersebut disebabkan oleh tumor maka akan muncul keadaan yang khas yaitu leucocoria. Leucocoria gampang dikenali karena mata bayi akan terlihat seperti mata kucing. Disebut demikian karena pupilnya akan memantulkan cahaya bila terkena sinar.

BENTUK GANGGUAN MATA

* Belekan

Tanda-tandanya, banyak terdapat belek di sudut-sudut mata, mata pun merah dan berair. Belekan bisa berbahaya jika penyebabnya adalah infeksi yang didapat dari jalan lahir. Misalnya, jalan lahir ibu terinfeksi gonorhea, maka ada tendensi si bayi akan mengalami kebutaan karena kuman yang menyerang termasuk ganas. Kuman-kuman tersebut memiliki enzim yang mampu menembus kornea. Biasanya mulai terlihat sehari atau dua hari setelah bayi dilahirkan dengan gejala yang sangat parah. Bahkan sekadar disentuh pun beleknya akan keluar dan sangat menular. Bayi dengan gangguan ini akan diisolasi dan diberi antibiotik khusus setiap jam.

Namun bila belekannya tergolong ringan dan terjadi sebulan setelah bayi lahir, bisa jadi penyebabnya adalah kuman-kuman yang ada di lingkungan. Meski demikian, penanganannya tetap perlu dilakukan oleh dokter mata. Dokter mata akan meresepkan antibiotik berupa tetes mata atau salep. Walau belekannya ri-ngan, tidak pada tempatnya orangtua mencoba mengobati sendiri. Apalagi dengan memberi sembarang obat tetes mata. Yang dikhawatirkan adalah munculnya infeksi sekunder akibat bakteri lain, sehingga perlu penanganan lebih serius. Jadi, bawa segera ke dokter begitu mata bayi terlihat memerah.

* Ablasio retina

Ablasio retina adalah lepasnya retina dari tempat perekatannya. Akibatnya? Mata tidak dapat menangkap cahaya yang masuk dan mengirimkan sinyal-sinyal-nya ke otak, sehingga objek yang ada di depan mata tidak tampak. Kondisi ini banyak dialami bayi-bayi yang lahir prematur, yaitu bayi yang lahir kurang bulan atau bayi-bayi dengan berat badan lahir rendah, kurang dari 1.200 gram.

Sebagai informasi, proses perkembangan retina dimulai dari sentral kemudian ke tepi seiring dengan bertambahnya usia kehamilan ibu. Pada bebe-rapa kasus bayi prematur, pem-bentukan ini belum sempurna namun bayi sudah harus keluar dari rahim ibu. Akibatnya, retina mengalami hipoksia atau keku-rangan oksigen. Umumnya retina memang tidak terlepas begitu saja, melainkan secara bertahap atau diistilahkan retinopathy of prematurity (ROP). Gangguan ini bisa terjadi pada salah satu mata saja atau keduanya.

Kasus ini lebih banyak terjadi di negara maju dibanding negara berkembang/miskin. Pasalnya, bayi-bayi yang belum memenuhi "standar" untuk lahir ini, di negara maju tetap dapat ditolong berkat kemajuan teknologi. Sedangkan di negara-negara berkembang atau miskin, umumnya mereka tidak dapat survive karena keterbatasan teknologi kedokteran. Di sini, standar kedokteran di Indonesia sudah mensyaratkan pemeriksaan mata untuk deteksi ROP pada bayi yang terlahir prematur. Pemeriksaan ini akan diulang 4 minggu kemudian.

Bila kondisinya memang "mengkhawatirkan", dokter anak lazimnya akan merujuk ke dokter mata untuk dilakukan berbagai tindakan yang diperlukan, seperti laser, cryopexcy (pembekuan), hingga operasi. Operasi bisa dilakukan sejak bayi usia berapa pun dengan pertimbangan life saving atau keselamatan hidup-nya yang harus diprioritaskan. Kasus lepasnya retina secara total pada bayi relatif sangat sedikit, namun angka keberhasilan operasinya pun belum menggembirakan.

* Juling

Ada mitos yang mengatakan jangan mengajak bayi bermain dari atas kepalanya karena bisa membuat matanya juling. Mitos ini tidak ada pembenarannya secara ilmiah. Juling atau strabismus adalah keadaan dimana gerakan kedua anak mata (pupil) tidak sinkron. Untuk melihat apakah terjadi deviasi, biasanya dokter akan menyorotkan lampu senter. Bila sinar jatuhnya sama di kedua pupil, maka ia dikatakan normal. Sebaliknya kalau tidak, berarti mata si kecil juling. Derajat penyimpangan pun bisa diukur, dari ringan sampai parah. Penyebabnya antara lain kelum-puhan otot. Adanya kelumpuhan, meski hanya pada salah satu otot saja, sudah berpotensi menyebabkan juling. Kelumpuhan otot tersebut bisa disebabkan infeksi, kelainan kongenital, bahkan tumor.

Bila deviasinya sangat besar, maka penanganan yang disaran kan adalah operasi. Angin segarnya, bila kelainan ini dikoreksi sebelum anak berusia 10 tahun, angka keberhasilannya cukup tinggi. Namun yang lebih penting lagi adalah pembiasaan kedua mata untuk fokus pada satu objek. Ini harus terus dilatih setelah operasi.

* Katarak kongenital

Katarak tidak hanya menyerang mereka yang telah lanjut usia. Katarak juga bisa menyerang bayi yang kerap diistilahkan dengan katarak kongenital. Ini adalah suatu keadaan dimana lensa mata mengalami kekeruhan. Penyebabnya bisa bermacam-macam.

Salah satunya, infeksi pada waktu ibu hamil. Orangtua harus curiga bila mata bayi mengalami leucocoria atau adanya pantulan cahaya di tengah-tengah pupil. Untuk memastikan sebaiknya segera lakukan skrining. Penanganan yang bisa dilakukan adalah operasi. Bila dibiarkan saja gangguan ini bisa menyebabkan juling hingga hilangnya objek dari pandangan. Bila mengalami gangguan ini mata hanya mampu menangkap cahaya gelap-terang saja, namun tidak bisa melihat bendanya.

* Papilitis

Kasus ini agak jarang terjadi pada bayi meski secara teori mungkin saja. Papilitis adalah peradangan pada saraf mata yang disebabkan oleh virus. Gangguan ini dimungkinkan terjadi sejak janin, misalnya si ibu menderita infeksi rubela atau virus lainnya. Sayangnya, tidak ada gejala spesifik yang menandai munculnya gangguan ini. Penglihatan tiba-tiba saja "hilang" dan semuanya menjadi gelap.



Penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan memberi obat untuk menurunkan proses inflamasi/peradangan dan obat-obatan antivirus. Pada beberapa kasus, bila sudah terserang gangguan ini kecil kemungkinan penglihatan dapat kembali. Itu karena jaringan saraf yang telah rusak tidak memiliki kemampuan regenerasi atau memperbaiki diri.



SAKIT MATA PADA BAYI
Jangan anggap enteng sakit mata pada bayi. Meski awalnya ringan, kalau tak ditangani, bisa bertambah parah.

Akhir-akhir ini Jakarta mulai terkena wabah sakit mata lagi. Bisa saja penyakit ini menimpa bayi kita. Bila menimpa bayi, tak jarang membuat hati ini waswas. Bagaimana pengobatannya yang tepat, itulah yang kerap membingungkan para orang tua. Apakah berbeda dengan pengobatan penyakit mata pada anak-anak yang lebih besar?

Penyakit mata, papar dr. Enny Ridwan, SpM., yang ditandai mata berair, merah-merah, dan ada kotorannya, dapat disertai gatal-gatal dan rasa silau. Bisa pada satu bagian saja atau bahkan keduanya, bisa ringan-ringan saja, walaupun ada juga yang makin hari, makin parah. Yang ringan, terang spesialis mata dari RSAB Harapan Kita, Jakarta, ini, bisa saja karena alergi. "Biasanya kalau karena alergi, intensitas merahnya sering terjadi, rasa gatalnya hebat, mata berair dan terasa silau. Gejalanya suka hilang-timbul. Biasanya terjadi pada pergantian musim."

Bila karena alergi, tambahnya, penyakit ini tak perlu diapa-apakan. Sebab, penyakit ini tak menular. "Alergi ini bisa disebabkan karena udara/polusi. Tentunya udara yang kotor dapat membuatnya merah." Hanya saja, kalau mata merah karena alergi ini sering dikucek, akan terjadi infeksi dan menyebabkan radang mata.

Selain itu, secara teoritis, alergi tak bisa dihilangkan. Kadang anak juga punya riwayat penyakit alergi lain, seperti sering pilek atau bersin bila kena debu, misal. "Makin besar usia anak biasanya akan lebih kuat.

Tapi tentunya pada setiap anak berbeda-beda kadarnya." Namun orang tua umumnya tak tahu apakah bayinya bermata merah karena alergi atau bukan. Itu sebab, saran Enny, orang tua perlu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan bila hendak memegang bayi.
TIGA PENYEBAB

Jika sakit matanya bertambah parah, harus segera datang ke dokter. Sebab, banyak kemungkinan bisa terjadi. Menurut Enny, yang paling sering karena penyakit gonorrhea, sumbatan saluran air mata, dan radang mata biasa.

Pada ketiga sakit mata tersebut, gejala awal yang terjadi sama. Akan tampak bagian putih mata (konjunctiva) memerah, ada air mata, dan kotoran. Selain itu, bayi jadi lebih rewel dari biasanya karena merasa sakit dan tak nyaman.

Jika sakit mata ini makin hari bertambah parah dan tak diobati, kumannya akan masuk ke bagian lebih dalam dari mata, yaitu ke kornea (daerah mata yang berwarna hitam) yang merupakan area penglihatan. Kuman tersebut bisa menyebabkan luka dan menimbulkan borok di bagian mata ini. "Jika kornea sudah terkena, maka harus hati-hati karena sudah mulai kritis. Jika tak ditangani, infeksi bisa masuk lebih dalam lagi, yaitu ke jaringan mata. Mata akan membusuk dan kemudian menciut, jadi tak berfungsi lagi dan harus dibuang." Kemungkinan lain, kumannya bisa menjalar ke otak karena letaknya berdekatan. Hingga, terjadilah meningitis dan ensefalitis.

1.Radang Mata Karena Gonorrhea

Penyakit ini disebabkan si ibu menderita penyakit kelamin, yaitu gonorrhea atau kencing nanah. Mungkin si ibu tertular di trimester ketiga kehamilannya. "Bayi tertular karena waktu lahir melewati jalan lahir. Pada jalan lahir yang banyak kuman ini, mata bayi bisa terinfeksi. Kalau kumannya ganas dan banyak, bayinya cepat terkena," papar Enny.

Biasanya bila bayi terkena penyakit ini, dalam sehari sudah tampak sakit matanya. Walau ada juga yang baru tampak di 3-4 hari setelah pulang dari RS. Ini karena masa inkubasi kumannya (mulai masuknya kuman sampai timbulnya gejala) sekitar 7 hari. Jadi, bisa saja sakit matanya baru tampak di hari kelima.

Gejalanya, kelopak mata dan konjunctiva (bagian putih mata) bengkak sekali dan berwarna merah. Kotoran mata banyak sekali dan mengandung nanah. Selain juga biasanya disertai demam. "Kalau matanya dibuka akan tampak belekan itu agak cair dan bisa juga mengering. Kualitas jumlah kotorannya lebih banyak dari sakit mata biasa. Mungkin dalam waktu sehari saja sudah kelihatan. Biasanya semakin hari semakin parah."

Pengobatannya dengan pemberian obat tetes mata atau salep. Sebelum memberikan obat mata, ibu harus sering membuang kotoran mata si bayi. Bersihkan dengan menggunakan kapas yang diberi air hangat. Caranya, usapkan kapas tersebut secara perlahan.

Selain dengan salep dan obat tetes, kini juga tersedia pengobatan dengan cara suntikan. "Bisa dibilang cara ini lebih ampuh. Biasanya dengan sekali suntik saja, penyembuhannya cepat. Minggu depannya sudah hilang. Juga bisa sembuh sempurna dan kembali bersih." Tapi kalau sudah terjadi borok di mata, maka bayi harus dirawat.

Hanya saja, kalau sakit mata karena penyebab gonorrhea ini tak ditangani atau diobati, bisa berakibat parah dan menimbulkan kebutaan. Untuk memastikan gejala ini karena penyebab gonorrhea, maka dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Selain bayi yang menjalani pengobatan, si ibu pun ditangani. Bukankah ibu yang jadi sumber penyakitnya? "Biasanya si ibu akan dikirim ke bagian kulit dan kelamin."

2.Sumbatan Pada Saluran Air Mata

Waktu bayi baru lahir, organ-organnya sudah komplet dan sudah siap untuk hidup di dunia ini. Demikian pula saluran-saluran dalam matanya sudah harus cukup besar. "Cuma yang sering terjadi, salurannya belum tumbuh atau masih terlalu kecil. Bahkan ada katup yang harusnya sudah hilang, masih ada. Nah, semua ini jadi penyebab mata bayi berair terus," terang Enny.

Air mata yang dihasilkan kelenjar air mata harusnya mengalir ke pangkal tenggorok. Tapi karena jalannya terhambat, air matanya akan membludak dan banjir di bola matanya. Banjir air mata ini menyebabkan kuman yang sudah ada dan tak bermasalah di bola mata jadi beranak pinak. Apalagi air mata itu rasanya asin dan suhunya hangat karena suhu tubuh. "Keadaan ini menjadi tempat yang nyaman untuk kuman berkembang biak dan menimbulkan infeksi di mata." Akibatnya, timbullah belekan pada mata dan si bayi mengalami sakit mata.

Pengobatan dilakukan dengan pemberian antibiotika dan obat mata, baik salep atau obat tetes. Setelah itu dengan pemijatan pada kantung saluran air mata yang terletak di ujung bola mata dekat pangkal hidung. Geraknya secara lurus atau memutar, tergantung sebelah mana yang sakit. Upaya ini membantu melancarkan aliran air mata. "Jadi, kalau ada kotoran di dalam saluran matanya, tak menganggu. Juga, supaya membantu pertumbuhan saluran air matanya jadi lebar."

Umumnya, papar Enny, dengan pemijatan akan sembuh. Jika belum kunjung sembuh ditunggu sampai usia 9-10 bulan untuk dilakukan tindakan. "Bila perlu dilakukan "probing" (penusukan) saluran air mata."

3.Radang Mata Biasa

Umumnya, sakit mata ini paling sering ditemui pada usia bayi, anak, dan dewasa, yang disebut konjungtivitis atau radang mata. Penyebabnya, kuman. Bisa juga berawal dari alergi debu, lalu anak menguceknya, hingga terjadi infeksi kuman. "Sifat sakit mata ini menular lewat sentuhan atau senggolan. Bukan lewat pandangan mata seperti anggapan kebanyakan orang

Gejalanya: mata merah di bagian putih bola matanya, ada belekan, disertai gatal-gatal dan merasa silau. Kadang belekan sedemikian banyak, hingga kelopak mata sulit dibuka, terutama waktu bangun pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar